SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
A. SEJARAH
1. MASA
PERASEJARAH
a. Masa
(….s/d 3000 SM)
Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan
manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk
yang mereka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada
dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini
mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan
mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis
pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam
berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai
bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah
diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,
seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap
sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b. Masa 3000
SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria
dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga
mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
c. Masa
Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) 2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol
yang berbeda. Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan
dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2) 500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat
dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media
menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan
lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
3) 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh
bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini
dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan
dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang
dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta
atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
2. MASA
MODERN (1400-AN M S/D SEKARANG)
a. Tahun
1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi
yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan
untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.
b. Tahun
1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama
di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya.
Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer
digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada
bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
c. Tahun
1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse
bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara
elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan
kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim
dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan
informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa
dirintangi oleh jarak dan waktu.
d. Tahun
1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar
pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu
proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap. e. Tahun 1876 Pada masa
ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan
desimal.
f. Tahun
1877
1) Alexander
Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali
secara umum.
2) Fotografi
dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
g. Tahun
1899
Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita)
magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog
belum digital seperti masa sekarang. h. Tahun 1923 Pada masa ini ditandai
dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
i. Tahun
1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang
informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman
dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic
tape.
j. Tahun
1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan
hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan
perkembangan desain website yang saat ini berkembang.
k. Tahun
1946
Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital
pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi
teknologi komputer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
l. Tahun
1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
m. Tahun
1957
1) Jean
Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan Pengembangan
jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal
silicon.
2) USSR
(Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama
yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance
Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan
Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam
bidang militer.
n. Tahun
1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail
pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail
dapat dikatakan sebagai surat elektronik.
o. Tahun
1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper
mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang
kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada
tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET
dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian
pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
p. Tahun
1991-
Sekarang Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali
terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran
dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian
diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF
membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut
direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi
(oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General
Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat
cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi
bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum
mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya
internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang
lebih canggih.
B. PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI BAGI SISWA
1. Pengaruh kemajuan
teknologi bagi siswadalam dampak positif.
Perkembangan
teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat
kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya
perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan
berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan
saat ini adalah internet, handphone, facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus
bagi para remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan
mudah menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah
yang menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi
yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna
dalam waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga tidak kalah saingnya dengan
internet, karena di twitter dan facebook para siswabisa bergaul dengan orang
lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang diajak berkenalan, karena itu hanya
terjadi didunia maya. Twitter dan facebook sudah menjadi trend dikalangan
remaja, tidak hanya dikalangan siswasaja yang mempunyai facebook dan twitter,
anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter dan facebook. Terlalu banyaknya
peminat atau pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang yang
membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah bisa
membuka twitter dan facebook di handphone. Dan terlalu banyaknya pengguna
twitter dan facebook, para siswasekarang jarang sekali yang membuka internet,
padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting
dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di bidang
pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari
disekolah,misalnya tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga
latihan soal-soal.
Karena banyak sekali
para siswapengguna jaringan teknologi informasi ( internet ). Tidak mengakses
suatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan
kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi,
yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para
siswauntuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang
tidak normatif. Membuka situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai
dengan hal yang dibutuhkan dibidang pendidikan. Padahal hal seperti ini bisa
membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan
hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga
menimbulkan penyakit seperti HIVatau Aids. Karena kita tidak
tahu, pasangan yang diajak hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu
apa tidak. Hal ini membuat para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir
akan perkembangan moral mereka.
Masa siswa adalah
masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati
diri itu siswatersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila
siswagagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka siswaakan kehilangan
arah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
masyarakat. Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah
dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi ( Globalisasi ).
Pada hakikatnya,
kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat
kita hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi
yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di
kalangan remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman
sekarang berbeda, di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman
sekarang.
2. Pengaruh kemajuan
teknologi bagi siswa dalam dampak negative.
Teknologi informasi
dan komunikasi sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal
dengan komputer, internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu
sudah sering digunakan di semua kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga
sudah banyak yang menggunakan komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih
tersebut juga sudah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang pekerjaaannya
bersangkut paut dengan alat tersebut. Apa lagi sekarang juga sudah ada alat
komputer yang lebih praktis di bawa kemana-kemana yaitu laptop. Laptop tidak hanya
digunakan orang-orang penting saja, pelajar pun mamakai laptop untuk proses
belajar menagajar. Di samping komputer yang begitu sangat bermanfaat itu,
sekarang juga sudah ada internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan
untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita ketahui. Di dalam internet
kita bias surfing mengenai beberapa hal, misalnya sebagai
inspirasi untuk belajar mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg bias kita
lakukan. Di jaringan internet kita juga bias mendunia, misalnya ingin
mengetahui mengenai Negara lain atau informasi-informasi mengenai Negara
tersebut. Imternet sangat bermanfaat apabila kita bias menggunakannya. Tetapi
ada juga yang salh menggunakannya, misalnya untuk membuka situs-situs yang
berbau pornografi. Itu salah besar.!!!.
Biasanya hal tersebut
di lakukan para siswazaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang
mengaku berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan
sangat meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik
jika kita membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa
lagi bagi anak-anak SMP yang akan menghadapi ujian, mereka bias membuka
contoh-contoh latihan soal untuk ujian. Selain itu, di internet juga kita bias
mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita gunakan yaitu
facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring sosial itu sudah
banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan negatifnya.
Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai teman-teman
yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia, mencari teman baru
yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya. Ada juga para siswayang
salah menggunakannya yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita
kenal sepenuhnya, dan akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga
yang melakukan tindakan kriminal di jejaring sosial.
Sebenarnya, pengaruh
kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak
negatif yang bisa kita temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet (
jejaring sosial ) mereka sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia
kerjakan/kewajiban dia. Para siswa yang membuka situs-situs ponografi juga
banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik tersebut dan akhirnya menjadikan
pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi
dampak negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang
harus kitra lakukan agar para siswa tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu
kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa
hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku sebagai siswayang baik
dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang baik, kita tidak sewajarnya melakukan hal
negatif tersebut. Yang itu akan merugikan diri kita sendiri.
Selanjutnya, para
siswa juga harus sering mendapatkan bimbingan dari para orang tua. Biasanya,
para orang tua yang terlalu sibuk pada pekerjaan mereka, mereka sampai-sampai
tudak mengetahui perbuatan yang dilakukan anaknya, para orang tua melengkapi
fasilitas-fasilitas seperti handphone bercamera, laptop dank lain sebagainya,
tanpa memikirkan bagaimnana dampak negatifnya. Tetapi semua itu juga tergantung
pada diri anak tersebut, dia bias menggunakan dengan hal yang positif-positif
ataukah malah sebaliknya.
3. Dampak Perkembangan
Teknologi Komunikasi Dalam Hal Pesan Teks atau SMS Saat Ini
Perkembangan teknologi komunikasi dapat dengan mudah
dirasakan langsung oleh para pengguna perangkat mobile saat ini. Semakin
berkembangnya kemampuan perangkat mobile dalam mengakses dan menjangkau banyak
hal, memberikan sumbangsih tersendiri terhadap keberlangsungan proses
komunikasi baik secara interpersonal ataupun intrapersonal. Salah satu pengaruh
terbesar adalah dengan kehadiran fitur pesan teks yang mampu menghubungkan
setiap orang dengan cepat, mudah, dan efisien. Jika pada beberapa dekade
sebelumnya sebuah perangkat mobile belum menjadi konsumsi massa, saat ini dapat
dikatakan bahwa setiap orang telah memiliki perangkatnya tersendiri. Belum lagi
ada beragam opsi yang dapat mereka pilih dan memiliki kemampuan menjangkau
jaringan internet pada tiap perangkat.
Dampak perkembangan teknologi komunikasi tentunya menghasilkan dua kutub yang saling
berlawanan. Di satu sisi perkembangan tersebut memberikan manfaat yang sangat
penting dalam hal berjalannya proses komunikasi. Sedangkan di sisi lain, dampak
negatif yang dihasilkannya pun telah mengakibatkan cukup banyak kerugian.
Menurut data dari Nielsen Company, jumlah pengguna
handphone di Indonesia telah mencapai angkat 42 juta
pada tahun 2012 ini. Setiap waktu, penggunaan handphone untuk membuat pesan
teks telah memberikan dampak negatif terhadap interaksi sosial, kemampuan
menulis dan juga berekspresi. Sejatinya hal tersebutlah yang sangat memberikan
dampak kurang baik karena hal itu akan terus berkembang.
Sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat menyebutkan
bahwa sekitar 72 % orang dewasa di negara tersebut menggunakan perangkat
seluler mereka untuk mengirim dan menerima pesan teks. Dari prosentase itu, sekitar
51 % mengirim pesan teks 1 hingga 10 kali per hari. Dengan semakin banyaknya
pengakses pesan teks, maka semakin banyak pula penggunaan bahasa yang mereka
serap. Asumsinya, apabila pesan
teks/SMS semakin mudah diakses oleh segala kalangan
umur, dampak pada pertumbuhan bahasa akan tidak terbatas. Maka, dengan begitu
seorang pengguna perangkat mobile baik secara pribadi atau kelompok akan
membuat bahasa "slang" tersendiri. Oleh sebab itu lingkungan
orang-orang di sekitarnya akan mencoba menerima kosa kata baru tersebut dan
mempelajari maknanya, kemudian menafsirkannya. Sementara, itu akan terus
menyebar dan dilakukan oleh orang lain dan menjadi bahwa pergaulan umum.
Contohnya, kata "LOL" saat ini telah resmi masuk ke dalam kamus
bahasa Inggris.
Penggunaan istilah singkatan saat mengirim pesan teks
pun kerapkali terbawa hingga penulisan surat ataupun catatan tugas. Hal itu
dapat memberikan makna ganda bagi mereka yang membacanya. Oleh sebab seringkali
isi pesan yang disampaikan pengirim kurang dimengerti oleh pembacanya, seperti:
"bS0k aQu kE rUm4hm0E eaa,,,bEt3 nIch,,," Bagi mereka yang tidak
terbiasa memaknai tata bahasa tersebut, itu akan menjadi hal pelik. Pasalnya
penggunaan huruf, angka, dan tanda baca sudah tidak sinkron lagi. Namun, untuk
sebagian pemakainya hal itu merupakan salah satu bentuk kreatifitas dalam
berbahasa dan menjadi hak setiap individu. Rupanya dampak perkembangan
teknologi komunikasi tidak hanya menghasilkan sebuah cara berkomunikasi yang
revolusioner, tetapi tatanan bahasa yang semakin bebas dan cenderung
"chaos".
Menurut profesor asal Prancis, Christian Guilbault,
salah satu kerangka utama tentang pesan teks adalah jika Anda tidak mengetahui
kode yang digunakan, maka Anda tidak dapat membaca atau mengerti. Menurutnya,
teks itu memiliki banyak varian seperti halnya bahasa. "You don't speak
the same way to the prime minister as you do with your friends around a
beer" ujarnya. Masih menurut Guilbault, ia pun berpendapat bahwa tidak ada
alasan di masa mendatang kita akan melihat pola surat kabar yang ditulis
menggunakan gaya bahasa pesan teks atau SMS. Ini dikarenakan ada perbedaan
konteks yang terjadi antara generasi lama dengan generasi yang lebih muda.
Seperti halnya fungsi alat-alatkomunikasi saat ini, semakin mudah dipergunakan akan
semakin baik.
Di samping dampak perkembangan teknologi komunikasi di
bidang pesan teks memberikan beberapa pengaruh buruk dalam tatanan bahasa,
teknologi pesan teks seperti SMS tentunya memiliki sisi positif terhadap
beberapa hal. Sebagai contoh, di bidang terapi sosial seorang profesor
kesejahteraan sosial, Adrian Aguilera, mengirim pasiennya yang tengah mengidap
depresi sebuah SMS untuk mengikuti mood mereka. Itu dilakukan untuk membantu
mereka mempelajari terapi. Hasilnya, para pasien tersebut mereka lebih
terhubung dan diperhatikan saat menerima SMS. Sekitar 75 % pasien bertanya
apakah mereka dapat terus menerima pesan pengingat jika terapi telah selesai.
Selain itu, penggunaan teknologi komunikasi seperti handphone merupakan salah
satu media termurah yang dapat masyarakat. Pasalnya, handphone dan fitur
pengiriman pesan singkat di dalamnya dapat menghubungkan penggunanya dengan
banyak orang walau terpisah dengan jarak.
Ada begitu banyak kelebihan dan kekurangan
perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dampaknya banyak berpengaruh
terhadap banyak hal. Tentunya setiap hal itu harus disikapi secara bijak. Etika
berbahasa memang tidak terlalu menjadi pertimbangan seseorang untuk sekadar
mengirim pesan singkat. Selagi masih dalam konteks yang sama dalam hal isi
pesan, belum ada pelarangan yang dapat menghentikan. Selain itu, penggunaan
pesan teks pun dapat diterapkan untuk perkembangan bidang lain seperti sosial
terapi dan lainnya. Pikirkan sebuah ucapan ulang tahun melalui SMS, apakah yang
Anda pikirkan jika ucapan tersebut disampaikan dengan tata bahasa pergaulan
saat ini?
0 komentar:
Posting Komentar