Selasa, 04 September 2012

TIK


SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. SEJARAH
1. MASA PERASEJARAH
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b. Masa 3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
c. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) 2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2) 500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
3) 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

2. MASA MODERN (1400-AN M S/D SEKARANG)
a. Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.
b. Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
c. Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
d. Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap. e. Tahun 1876 Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.
f. Tahun 1877
1) Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2) Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
g. Tahun 1899
Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang. h. Tahun 1923 Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
i. Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
j. Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain website yang saat ini berkembang.
k. Tahun 1946
Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi komputer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
l. Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
m. Tahun 1957
1) Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
2) USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
n. Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.
o. Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
p. Tahun 1991-
Sekarang Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

B. PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI BAGI SISWA
1. Pengaruh kemajuan teknologi bagi siswadalam dampak positif.
Perkembangan teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi para remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga tidak kalah saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para siswabisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya. Twitter dan facebook sudah menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya dikalangan siswasaja yang mempunyai facebook dan twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter dan facebook. Terlalu banyaknya peminat atau pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang yang membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah bisa membuka twitter dan facebook di handphone. Dan terlalu banyaknya pengguna twitter dan facebook, para siswasekarang jarang sekali yang membuka internet, padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di bidang pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari disekolah,misalnya tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga latihan soal-soal.
Karena banyak sekali para siswapengguna jaringan teknologi informasi ( internet ). Tidak mengakses suatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi, yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para siswauntuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif. Membuka situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan dibidang pendidikan. Padahal hal seperti ini bisa membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga menimbulkan penyakit seperti HIVatau Aids. Karena kita tidak tahu, pasangan yang diajak hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu apa tidak. Hal ini membuat para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir akan perkembangan moral mereka.
Masa siswa adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu siswatersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila siswagagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka siswaakan kehilangan arah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi ( Globalisasi ).
Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di kalangan remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman sekarang berbeda, di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman sekarang.
2. Pengaruh kemajuan teknologi bagi siswa dalam dampak negative.
Teknologi informasi dan komunikasi sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal dengan komputer, internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu sudah sering digunakan di semua kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga sudah banyak yang menggunakan komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih tersebut juga sudah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang pekerjaaannya bersangkut paut dengan alat tersebut. Apa lagi sekarang juga sudah ada alat komputer yang lebih praktis di bawa kemana-kemana yaitu laptop. Laptop tidak hanya digunakan orang-orang penting saja, pelajar pun mamakai laptop untuk proses belajar menagajar. Di samping komputer yang begitu sangat bermanfaat itu, sekarang juga sudah ada internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita ketahui. Di dalam internet kita bias surfing mengenai beberapa hal, misalnya sebagai inspirasi untuk belajar mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg bias kita lakukan. Di jaringan internet kita juga bias mendunia, misalnya ingin mengetahui mengenai Negara lain atau informasi-informasi mengenai Negara tersebut. Imternet sangat bermanfaat apabila kita bias menggunakannya. Tetapi ada juga yang salh menggunakannya, misalnya untuk membuka situs-situs yang berbau pornografi. Itu salah besar.!!!.
Biasanya hal tersebut di lakukan para siswazaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang mengaku berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan sangat meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik jika kita membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa lagi bagi anak-anak SMP yang akan menghadapi ujian, mereka bias membuka contoh-contoh latihan soal untuk ujian. Selain itu, di internet juga kita bias mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita gunakan yaitu facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring sosial itu sudah banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan negatifnya. Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai teman-teman yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia, mencari teman baru yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya. Ada juga para siswayang salah menggunakannya yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita kenal sepenuhnya, dan akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga yang melakukan tindakan kriminal di jejaring sosial.
Sebenarnya, pengaruh kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak negatif yang bisa kita temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet ( jejaring sosial ) mereka sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia kerjakan/kewajiban dia. Para siswa yang membuka situs-situs ponografi juga banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik tersebut dan akhirnya menjadikan pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi dampak negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang harus kitra lakukan agar para siswa tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku sebagai siswayang baik dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang baik, kita tidak sewajarnya melakukan hal negatif tersebut. Yang itu akan merugikan diri kita sendiri.
Selanjutnya, para siswa juga harus sering mendapatkan bimbingan dari para orang tua. Biasanya, para orang tua yang terlalu sibuk pada pekerjaan mereka, mereka sampai-sampai tudak mengetahui perbuatan yang dilakukan anaknya, para orang tua melengkapi fasilitas-fasilitas seperti handphone bercamera, laptop dank lain sebagainya, tanpa memikirkan bagaimnana dampak negatifnya. Tetapi semua itu juga tergantung pada diri anak tersebut, dia bias menggunakan dengan hal yang positif-positif ataukah malah sebaliknya.
3. Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Hal Pesan Teks atau SMS Saat Ini
Perkembangan teknologi komunikasi dapat dengan mudah dirasakan langsung oleh para pengguna perangkat mobile saat ini. Semakin berkembangnya kemampuan perangkat mobile dalam mengakses dan menjangkau banyak hal, memberikan sumbangsih tersendiri terhadap keberlangsungan proses komunikasi baik secara interpersonal ataupun intrapersonal. Salah satu pengaruh terbesar adalah dengan kehadiran fitur pesan teks yang mampu menghubungkan setiap orang dengan cepat, mudah, dan efisien. Jika pada beberapa dekade sebelumnya sebuah perangkat mobile belum menjadi konsumsi massa, saat ini dapat dikatakan bahwa setiap orang telah memiliki perangkatnya tersendiri. Belum lagi ada beragam opsi yang dapat mereka pilih dan memiliki kemampuan menjangkau jaringan internet pada tiap perangkat.
Dampak perkembangan teknologi komunikasi tentunya menghasilkan dua kutub yang saling berlawanan. Di satu sisi perkembangan tersebut memberikan manfaat yang sangat penting dalam hal berjalannya proses komunikasi. Sedangkan di sisi lain, dampak negatif yang dihasilkannya pun telah mengakibatkan cukup banyak kerugian. Menurut data dari Nielsen Company, jumlah pengguna handphone di Indonesia telah mencapai angkat 42 juta pada tahun 2012 ini. Setiap waktu, penggunaan handphone untuk membuat pesan teks telah memberikan dampak negatif terhadap interaksi sosial, kemampuan menulis dan juga berekspresi. Sejatinya hal tersebutlah yang sangat memberikan dampak kurang baik karena hal itu akan terus berkembang.
Sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa sekitar 72 % orang dewasa di negara tersebut menggunakan perangkat seluler mereka untuk mengirim dan menerima pesan teks. Dari prosentase itu, sekitar 51 % mengirim pesan teks 1 hingga 10 kali per hari. Dengan semakin banyaknya pengakses pesan teks, maka semakin banyak pula penggunaan bahasa yang mereka serap. Asumsinya, apabila pesan teks/SMS semakin mudah diakses oleh segala kalangan umur, dampak pada pertumbuhan bahasa akan tidak terbatas. Maka, dengan begitu seorang pengguna perangkat mobile baik secara pribadi atau kelompok akan membuat bahasa "slang" tersendiri. Oleh sebab itu lingkungan orang-orang di sekitarnya akan mencoba menerima kosa kata baru tersebut dan mempelajari maknanya, kemudian menafsirkannya. Sementara, itu akan terus menyebar dan dilakukan oleh orang lain dan menjadi bahwa pergaulan umum. Contohnya, kata "LOL" saat ini telah resmi masuk ke dalam kamus bahasa Inggris.
Penggunaan istilah singkatan saat mengirim pesan teks pun kerapkali terbawa hingga penulisan surat ataupun catatan tugas. Hal itu dapat memberikan makna ganda bagi mereka yang membacanya. Oleh sebab seringkali isi pesan yang disampaikan pengirim kurang dimengerti oleh pembacanya, seperti: "bS0k aQu kE rUm4hm0E eaa,,,bEt3 nIch,,," Bagi mereka yang tidak terbiasa memaknai tata bahasa tersebut, itu akan menjadi hal pelik. Pasalnya penggunaan huruf, angka, dan tanda baca sudah tidak sinkron lagi. Namun, untuk sebagian pemakainya hal itu merupakan salah satu bentuk kreatifitas dalam berbahasa dan menjadi hak setiap individu. Rupanya dampak perkembangan teknologi komunikasi tidak hanya menghasilkan sebuah cara berkomunikasi yang revolusioner, tetapi tatanan bahasa yang semakin bebas dan cenderung "chaos".
Menurut profesor asal Prancis, Christian Guilbault, salah satu kerangka utama tentang pesan teks adalah jika Anda tidak mengetahui kode yang digunakan, maka Anda tidak dapat membaca atau mengerti. Menurutnya, teks itu memiliki banyak varian seperti halnya bahasa. "You don't speak the same way to the prime minister as you do with your friends around a beer" ujarnya. Masih menurut Guilbault, ia pun berpendapat bahwa tidak ada alasan di masa mendatang kita akan melihat pola surat kabar yang ditulis menggunakan gaya bahasa pesan teks atau SMS. Ini dikarenakan ada perbedaan konteks yang terjadi antara generasi lama dengan generasi yang lebih muda. Seperti halnya fungsi alat-alatkomunikasi saat ini, semakin mudah dipergunakan akan semakin baik.
Di samping dampak perkembangan teknologi komunikasi di bidang pesan teks memberikan beberapa pengaruh buruk dalam tatanan bahasa, teknologi pesan teks seperti SMS tentunya memiliki sisi positif terhadap beberapa hal. Sebagai contoh, di bidang terapi sosial seorang profesor kesejahteraan sosial, Adrian Aguilera, mengirim pasiennya yang tengah mengidap depresi sebuah SMS untuk mengikuti mood mereka. Itu dilakukan untuk membantu mereka mempelajari terapi. Hasilnya, para pasien tersebut mereka lebih terhubung dan diperhatikan saat menerima SMS. Sekitar 75 % pasien bertanya apakah mereka dapat terus menerima pesan pengingat jika terapi telah selesai. Selain itu, penggunaan teknologi komunikasi seperti handphone merupakan salah satu media termurah yang dapat masyarakat. Pasalnya, handphone dan fitur pengiriman pesan singkat di dalamnya dapat menghubungkan penggunanya dengan banyak orang walau terpisah dengan jarak.
Ada begitu banyak kelebihan dan kekurangan perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dampaknya banyak berpengaruh terhadap banyak hal. Tentunya setiap hal itu harus disikapi secara bijak. Etika berbahasa memang tidak terlalu menjadi pertimbangan seseorang untuk sekadar mengirim pesan singkat. Selagi masih dalam konteks yang sama dalam hal isi pesan, belum ada pelarangan yang dapat menghentikan. Selain itu, penggunaan pesan teks pun dapat diterapkan untuk perkembangan bidang lain seperti sosial terapi dan lainnya. Pikirkan sebuah ucapan ulang tahun melalui SMS, apakah yang Anda pikirkan jika ucapan tersebut disampaikan dengan tata bahasa pergaulan saat ini? 

0 komentar:

Posting Komentar